Seperti yang kita ketahui, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2015 sudah mencapai 135 juta. Sementara itu pengguna Facebook mencapai 15% dari total pengguna internet atau 20,25 juta user. Dan Instagram (IG) penggunanya adalah 10% dari pengguna internet, atau 13,5 juta user. (sumber: Digital in 2016, 23/01/16). Ini berarti merupakan potensi yang sangat besar untuk menjadi konsuumen produk yang kita miliki. Kolam ini sanga-sangat luas dengan ikan yang sangat-sangat banyak.
Namun, karena makin banyaknya pengguna itu kadang kita merasa bingung, siapa saja user yang menjadi niche dari produk yang kita jual. Tidak elok khan kalau kita mencari calon pelanggan dengan cara-cara yang tidak cantik. Semisal dengan berkomentar pada akun-akun IG selebritis atau selebram tentang akun dan barang dagangan kita. Jadinya bukan laku, malah spaming dan justru membuat orang illfeel. Makanya perlu cara-cara yang elegan dan berkelas. Facebook Ads dan Instagram Ads adalah salah duanya.
Kita boleh menggunakan salah satu, apalagi keduanya. Tergantung anggaran kita. Dalam hal ini, kita bisa targetkan kita jualan di daerah mana, kepada siapa, kepada orang yang seperti apa, untuk orang dengan kecenderungan perilaku dan hobi yang bagaimana. Sehingga, produk yang kita jual sesuai ceruk.
Ibarat memancing ikan, kita sudah bisa menentukan ikan apa yang ingin kita dapat. Pastinya, umpan, kail, tali dan joran jenis apa yang kita bisa pakai akan berpengaruh. Termasuk, cara memancingnya. Hasilnya? Pasti lebih memuaskan daripada kita tidak tahu kolam ada di mana, kita memancing dengan umpan apa, dengan kail yang sembarangan saja, pasti akan buang-buang waktu, tenaga dan uang.
Kalau sudah dapat ritmenya, kalau faham dengan polanya, tentu saja produk yang bagus, niche yang sesuai akan mampu meningkatkan omzet bisnis kita berpadu dengan Instagram Ads.
Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, dalam artikel tetang upload gambar dan video menggunakan laptop di Instagram. Hari ini saya akan bagikan bagaimana caranya mengupload gambar/ video menggunakan Facebook Ads. Sekaligus bagaimana mengkostumasi Fanspage kita agar bisa beriklan melalui Facebook Ads.
Beruntung saya memiliki kawan bernama Hasan Fagundez yang membuat ebook Tutorial membuat Instagram Ads. Makasih ya bro Hasan. Semoga ebook ini menjadi amal jariyah untukmu dan penambah berat timbagan pahala di sisi Allah. Bisa di download pada gambar di bawah ini:
Sebagai bonus, saya beri juga satu ebook yang dibuat oleh: Ezar ET. (Semoga pahalanya banyak ya gan) Tentang cara membuat fanspage sekaligus beriklan di Facebook ads.Kedua ebook ini bisa saling melengkapi. Meskipun hampir serupa saja. Sila di download di sini:
Bagaimana? Siap jualan di Instagram?
Salam kenal.. Saya blogger baru butuh support.. Jgn lupa kunjungi blog gue donk.. Hehe di follow ya bang.. Biar semangat nulisnye..
ReplyDeleteIya gan. Saling support aja. Biar sama-sama maju
Delete